EFL Students’ Speaking Anxiety in the Speaking Class (A Survey Study in English Department of Universitas Brawijaya)
Main Author: | Meidina, Rizky |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175163/ |
Daftar Isi:
- Bahasa Inggris telah menjadi bahasa universal yang digunakan oleh kebanyakan orang di seluruh dunia, Bahasa Inggris juga berfungsi sebagai jembatan untuk melintasi kebangsaan, budaya, dan agama. Di beberapa negara, termasuk di Indonesia, Bahasa Inggris dipelajari sebagai bahasa asing sejak sekolah dasar hingga tingkat pendidikan yang lebih tinggi. Namun, mahasiswa Bahasa Inggris di Indonesia mengalami beberapa masalah yang menghambat mereka dalam mengembangkan keterampilan bahasa mereka terutama dalam keterampilan berbicara. Beberapa permasalahan ini disebabkan oleh beberapa faktor termasuk kecemasan berbicara. Dalam penelitian ini peneliti akan meneliti tingkat kecemasan berbicara mahasiswa dan faktor yang menyebabkannya. Penelitian ini dilakukan di Departemen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Brawijaya Malang dengan melibatkan 113 mahasiswa dari semester ketiga yang berasal dari kelas Intensive Speaking sebagai responden. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan survei dengan mengimplementasikan FLCAS (Foreign Language Classroom Anxiety Scale), kuesioner yang dikembangkan oleh Horwitz. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa mengalami kecemasan berbicara tingkat menengah. Kecemasan ini sebagian besar berasal dari rasa takut akan evaluasi negatif diikuti oleh kecemasan tes dan kecemasan dalam berkomunikasi.