Perencanaan Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Penjualan Produk Furnitur di CV Jati Asri
Main Author: | Rohmah, Nahdliyatur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175146/ |
Daftar Isi:
- CV Jati Asri merupakan salah satu industri mikro yang bergerak dalam bidang bisnis furnitur di Kalimantan Selatan. Pertumbuhan produksi industri furnitur di Kalimantan Selatan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Namun, penjualan CV Jati Asri tidak sepesat pertumbuhan produksi di Kalimantan Selatan. Bahkan, penjualan pada Cabang 1 CV Jati Asri sepanjang bulan Agustus sampai Desember 2018 mengalami penurunan. Pada penelitian ini digunakan kerangka perumusan strategi tiga tahap, yaitu tahap input, tahap pencocokan, dan tahap keputusan. Dimulai dengan identifikasi atribut faktor internal menggunakan bauran pemasaran dan atribut faktor eksternal menggunakan PEST (politic, economy, social, dan technology) dan Porter’s five forces. Atribut yang telah diidentifikasi dijadikan dasar pertanyaan pada kuesioner penilaian kondisi internal dan eksternal CV Jati Asri. Pada tahap input, faktor kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang telah didapatkan, dianalisa menggunakan Matriks IFE dan EFE untuk mengetahui nilai dari internal dan eksternal CV Jati Asri. Selanjutnya, dilakukan analisis pada tahap pencocokan dengan menggunakan Matriks IE (Internal-Eksternal) dan Matriks SWOT untuk mendapatkan alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh CV Jati Asri. Kemudian, pada tahap keputusan digunakan matriks QSPM untuk menentukan prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh CV Jati Asri. Berdasarkan Matriks IFE dan EFE terdapat 48 faktor yang mempengaruhi kondisi CV Jati Asri, terdiri dari 26 faktor internal dan 22 faktor eksternal. Nilai untuk faktor internal dan eksternal CV Jati Asri masing-masing sebesar 3,125 dan 2,643. Kondisi internal CV Jati Asri memiliki kondisi yang kuat sedangkan kondisi eksternal CV Jati Asri memiliki kondisi yang sedang. Faktor internal CV Jati Asri terdiri dari 16 faktor kekuatan dan 10 faktor kelemahan. Faktor eksternal CV Jati Asri terdiri dari 13 faktor peluang dan 9 faktor ancaman. Kemudian, dilakukan analisis menggunakan Matriks IE dan Matriks SWOT, didapatkan sembilan alternatif strategi. Berdasarkan Matriks QSPM didapatkan prioritas strategi yang dapat diterapkan oleh CV Jati Asri yaitu memanfaatkan media sosial untuk melakukan promosi, menampilkan dokumentasi produk atau pesanan, dan menampilkan ulasan/testimoni dari konsumen; mendesain showroom dengan tampilan dan display produk berdasarkan tema tertentu; meningkatkan kemampuan seni desain dengan mengikuti pelatihan atau sharing ilmu; memberikan diskon atau potongan harga bagi konsumen yang direkomendasikan oleh pelanggan perusahaan; meningkatkan kegiatan promosi dengan mengikuti event atau pameran; menambahkan opsi pembayaran dengan menggunakan Home Credit maupun SPEKTRA; bekerja sama dengan pengembang perumahan; mengembangkan sistem informasi terintegrasi untuk menunjang aktivitas operasional perusahaan; dan mengikuti komunitas bisnis terutama bisnis furnitur.