J-Pop Sebagai Soft Power Jepang terhadap Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Angkatan 2015 Universitas Brawijaya

Main Author: Fikra, Saichu Annauval Walda
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175120/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini membahas tentang budaya populer J-Pop sebagai Soft Power Jepang. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui cara kerja J-Pop sebagai Soft Power Jepang dalam menarik perhatian konsumen untuk mengonsumsi budaya populer tersebut. J-Pop merupakan salah satu budaya populer Jepang yang terkenal di dunia termasuk Indonesia. Kebanyakan konsumen J-Pop adalah remaja. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian terhadap mahasiswa program studi Sastra Jepang angkatan 2015 Universitas Brawijaya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori Soft Power sebagai teori utama dan teori budaya populer sebagai teori pendukung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sumber data primer berupa hasil wawancara yang telah dilakukan terhadap mahasiswa program studi Sastra Jepang angkatan 2015 Universitas Brawijaya. Berdasarkan hasil penelitian, J-Pop berhasil sebagai Soft Power Jepang dalam menarik perhatian konsumen untuk mengonsumsi budaya populer Jepang tersebut. Faktor-faktor yang mendukung keberhasilan J-Pop yaitu lirik lagu yang menarik, komposisi lagu yang menarik, penampilan penyanyi yang menarik, dipadukan dengan budaya populer Jepang yang lain, dan adanya budaya penggemar.