Improving Students' Reading Ability On Through Small Group Discussion (SGD) On The Eight Grade Of SMPN 10 Malang

Main Author: Hartono, Nabella Diana K
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175042/
Daftar Isi:
  • Salah satu keterampilan penting yang perlu dipelajari adalah membaca, tetapi membaca terkadang sulit untuk beberapa siswa EFL. Terutama, jika mereka memahami makna teks. Fenomena ini juga terjadi ketika bingung memahami makna teks pada teks recount. Dengan demikian, peneliti melakukan penelitian untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa pada teks recount melalui diskusi kelompok kecil siswa kelas delapan di SMP Negeri 10 Malang. Penelitian ini melakukan penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Malang dan sampel berjumlah 30 siswa. Peneliti menggunakan empat instrumen dalam penelitian ini, yaitu wawancara, daftar observasi, catatan lapangan, tes teks recount untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor maksimum siswa pada pra-tes adalah 75, sedangkan skor minimum adalah 40. Setelah strategi dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa murid secara signifikan mendapatkan nilai dan 30% ke 83.33% atau 25 siswa. Pencapaian pada penelitian ini adalah berhasil karena murid sudah memenuhi kriteria kesuksesan bahwa 5 siswa mendapatkan nilai dibawah skor minimum yaitu 75. Peneliti menyarankan guru untuk menggunakan strategi Small Group Discussion dalam mengajar dan belajar membaca. Sementara itu untuk penelitian lebih lanjut, peneliti menyarankan untuk menggunakan strategi Small Group Discussion pada subjek yang berbeda atau genre teks yang berbeda.