Teks Media, Politik Identitas, Dan PemiluStudi Tentang Analisis Framing Pemberitaan Ijtima Ulama GNPF-U Oleh Media Tirto.Id Dan Tempo.Co (Periode Juli-September Tahun 2018)
Main Author: | Kusmilawati, Yuyun |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/175011/ |
Daftar Isi:
- Kecepatan teknologi membentuk satu teknologi komunikasi lebih maju dalam penyajiannya. Salah satunya melalui media massa online. Pemberitaan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Namun, media massa online memiliki prinsip yang sama dengan media konvensional lainnya. Memiliki kepentingan dan sikap dalam memberitakan peristiwa tertentu. Salah satunya, dalam peristiwa Ijtima Ulama I dan II yang diadakan GNPF-U ditahun 2018. Penelitian ini menganalisis berita Ijtima Ulama GNPF-U I dan II melalui media massa online Tirto.id dan Tempo.co dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode analisis framing model Zhong Pan dan Gerald M. Kosicki. Studi ini kemudian memperluas penelitian dengan menggunakan pendekatan Ekonomi Politik Media dan Politik Identitas. Berdasarkan penelitian ini didapat bahwa Tirto.id dan Tempo.co memiliki tujuan ekonomi yang berbeda sehingga berdampak pada isi dan tampilan berita. Namun, keduanya memaknai Ijtima Ulama GNPF-U I dan II sebagai Politik Identitas Instrumentalis. Pun, Tirto.id dan Tempo.co memiliki sikap menolak adanya Politik Identitas dalam Pemilihan Presiden 2019.