Pengaruh Kredibilitas Sumber Dalam Iklan ‘Ladies First’ Bukalapak Terhadap Minat Beli Perempuan

Main Author: Pratama, Edo Arief
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/175008/
Daftar Isi:
  • Kajian mengenai elaboration likelihood model didasari oleh dua asumsi yaitu pemrosesan pesan melalui rute sentral dan rute periferal. Beberapa riset tentang kredibiltas sumber yang menggunakan teori ini menunjukkan bahwa sumber pesan diposisikan sebagai rute periferal (isyarat heuristik) meskipun ada beberapa riset yang menilai melalui rute sentral dan rute periferal. Sebagai isyarat heuristik, sumber pesan mampu memengaruhi minat beli audiens. Namun pada kondisi lain, audiens akan memproses pesan secara berbeda dan lebih mudah terpersuasi apabila argumen disampaikan oleh banyak sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kredibilitas sumber dalam iklan ‘ladies first’ Bukalapak terhadap minat beli perempuan melalui teori elaboration likelihood model. Sumber pesan diposisikan sebagai isyarat heuristik pada rute periferal. Variabel independen pada riset ini yaitu kredibilitas sumber (X) dengan tiga dimensi antara lain attractiveness (X1), expertise (X2), dan trustworthiness (X3). Sedangkan variabel dependen pada riset ini yaitu minat beli (Y). Perempuan yang pernah menonton iklan ‘ladies first’ Bukalapak ditentukan sebagai populasi penelitian. Data yang diperoleh melalui 100 responden dari berbagai penjuru di Indonesia diolah menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara kredibilitas sumber terhadap minat beli perempuan secara simultan. Secara parsial trustworthiness berpengaruh sangat signifikan terhadap minat beli, sedangkan expertise dan attractiveness tetap berpengaruh terhadap minat beli, namun tidak signifikan. Trustworthiness memberikan pengaruh yang paling dominan terhadap minat beli perempuan, sedangkan attractiveness memberikan pengaruh paling sedikit. Penelitian ini memberikan temuan baru mengenai kredibilitas sumber yang dikaji melalui rute periferal dalam teori elaboration likelihood model.