Pengaruh Media Permainan Puzzle Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Jepang Siswa SMK Kabupaten Malang

Main Author: Zakaria, Mahmud
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174950/
Daftar Isi:
  • Bahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang sangat diminati di Indonesia, namun kesulitan menguasai kosakata adalah salah satu alasan utama mengapa bahasa asing sulit dipelajari. Hal ini terjadi pada siswa di SMK Diponegoro Tumpang. Kebanyakan siswa merasa kesulitan dalam menghafal kosakata bahasa Jepang sehingga membutuhkan suatu media untuk menarik perhatian siswa, sehingga pada penelitian ini menggunakan permainan puzzle untuk membantu siswa menguasai kosakata bahasa Jepang. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Pengaruh permainan puzzle terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang, 2). Tanggapan siswa kelas XII SMK Diponegoro Tumpang setelah mempelajari kosakata bahasa Jepang dengan permainan puzzle. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukannya perbedaan yang signifikan pada nilai pretest dan posttest kosakata bahasa Jepang, serta membuktikan bahwa penggunaan permainan puzzle berpengaruh positif dan signifikan dalam meningkatan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa Kelas XII SMK Diponegoro Tumpang. Selain itu, berdasarkan hasil angket diketahui bahwa siswa memberikan tanggapan dengan kriteria sangat tinggi terhadap penggunaan permainan puzzle sebagai media pembelajaran kosakata.