Pengaruh Perilaku Konsumen Muslim Berdasarkan Konsep Syariah Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Go-Food (Studi Kasus Mahasiswa Ekonomi Islam Universitas Brawijaya)

Main Author: Zubaidi, Moh. Afrida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174941/1/Moh.%20Afrida%20Zubaidi%20FEB%20Doc%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/174941/
Daftar Isi:
  • Teori islami menyatakan bahwa tujuan konsumsi bukan hanya untuk memenuhi naluri hidup tapi juga untuk memenuhi maqashid syariah. Sehingga konsumen muslim mengkonsumsi barang atau jasa yang halal dan berasal dari pendapatan atau upah yang halal. Sedangkan perilaku konsumen muslim harus merepresentasikan hubungan dengan Allah SWT. konsumsi yang dilakukan setiap hari merupakan bentuk dzikir kepada Allah SWT sehingga konsumen menjalankan setiap syariat islam dengan tidak mengkonsumsi barang haram, tidak kikir, dan tidak tamak dengan tujuan hidupnya selamat baik di dunia dan di akhirat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah religiusitas, harga, dan pendapatan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian menunjukkan bahwa religiusitas dan pendapatan berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa go-food. Sedangkan harga berpengaruh negatif signifikan terhadap keputusan penggunaan jasa gofood.