Hubungan Media Sosial Sebagai Saluran Komunikasi Pemasaran Dan Promosi Politik Bagi Pemilih Milenial (Studi Pada Kontestasi Pilkada Kota Malang 2018)
Main Author: | Lisavira, Lady |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174934/ |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis efek penggunaan media sosial sebagai saluran kampanye untuk menggaet suara pemilih milenial. Penelitian ini berfokus pada kontestasi pemilihan kepala daerah Kota Malang tahun 2018. Data sekunder penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode studi pustaka, dengan melihat data KPU Kota Malang, mempelajari jurnal, laman berita, dan akun media sosial kandidat dan yang terkait. Data primer dikumpulkan menggunakan kuesioner, yang secara langsung dibagikan kepada responden. Target responden yang dipilih adalah warga Kota Malang yang memiliki usia 18-34 tahun dan terdaftar sebagai Daftar Calon Pemilih Tetap pada Pilkada Kota Malang 2018. Teknik penelitian ini menggunakan aksidental sampling, dengan total 100 responden. Data telah diuji validitas dan reliabilitasnya menggunakan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan media sosial sebagai saluran kandidat untuk melakukan komunikasi pemasaran dan promosi politik terhadap pemilih milenial. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai rekomendasi para politisi dan masyarakat untuk strategi kampanye media sosial pada pemilihan selanjutnya.