Strategi Desainer Grafis Kota Malang dalam Meningkatkan Apresiasi Kerja oleh Masyarakat Kota Malang
Main Author: | Salfitra, Mohammad Ary |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174932/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini membahas mengenai strategi desainer grafis di Kota Malang dalam meningkatkan apresiasi kerja oleh masyarakat Kota Malang. masyarakat Kota Malang memiliki permasalahan dalam mengapresiasi profesi Desainer grafis dan apresiasi hasil kerja yang dikerjakan oleh desainer grafis. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan modal yang digunakan desainer grafis Kota Malang dalam meningkatkan apresiasi. Sehingga memberikan gambaran, proses yang dilakukan desainer grafis dalam meningkatkan apresiasi. Strategi yang dimiliki oleh desainer grafis dikaji menggunakan teori modalitas dari Pierre Bourdieu. Untuk menggali data, peneliti melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunak teknik analisis oleh Miles Huberman. Hasil penelitian menunjukan desainer grafis dengan memberikan informasi nilai yang didapatkan oleh klien saat menggunakan jasa untuk memberikan pemahaman bagi masyarakat mengenai apa yang dikerjakan oleh desainer grafis. Desainer grafis menggunakan modalitas sosial dalam bentuk pertemanan, modalitas budaya dalam bentuk membuat ketentuan dalam melayani klien, modalitas ekonomi dalam bentuk kepemilikan uang untuk menunjang kebutuhannya dalam bekerja, modalitas simbolik dengan pengaplikasian desain pada pakaian berdasarkain nilai desain yang ingin disampaikan.