Strategi Komunikasi Krisis Pada Maskapai Penerbangan di Indonesia (Analisis Isi Kuantitatif dan Kualitatif Maskapai Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air di Berita Online Detikcom Tahun 2008 – 2018)
Main Author: | Damanik, Felicia Artanida Sekar Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174928/ |
Daftar Isi:
- Perusahaan maskapai penerbangan sangat rentan terkena krisis yang dapat membuat reputasi perusahaan menurun. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi komunikasi krisis untuk memperbaiki reputasi dan keadaan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan penggunaan strategi komunikasi krisis yang dipakai oleh maskapai penerbangan di Indonesia. Maskapai yang diteliti oleh peneliti adalah Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, dan Lion Air. Untuk mengetahui strateginya, maka peneliti meneliti pernyataan yang dikeluarkan pada ketiga maskapai dalam berita online Detikcom pada tahun 2008 – 2018. Metode analisis isi kuantitatif dan kualitatif merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Peneliti menemukan bahwa ketiga maskapai yang diteliti memiliki perbedaan dalam penggunaan strategi komunikasi krisis. Ketiga maskapai sama-sama menggunakan kategori rebuild strategies sebagai kategori respon krisis yang terbanyak digunakan. Kemudian subkategori yang paling banyak digunakan pada ketiga maskapai adalah corrective action. Subkategori respon yang tidak digunakan sama sekali pada ketiga maskapai ini adalah accident. Selain itu, peneliti juga menemukan beberapa kategori baru yang tidak dapat ditemui pada ketiga teori tersebut.