Kewirausahaan Politik dalam Kampanye Pemilu Legislatif (Studi Kasus Gagasan Kampanye OK-OJ Caleg PKS Ernanto Djoko Purnomo dalam Pemilihan Umum Legislatif Tahun 2019 di Kota Malang)

Main Author: Sugiharto, Muhammad Reynanda Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174916/
Daftar Isi:
  • Penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus ini menganalisis tentang praktik kewirausahaan politik dalam kampanye pemilu legislatif 2019 di kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi praktik kewirausahaan politik dalam kampanye pemilu legislatif. Menurut Matthew McCaffery dan Joseph T. Salerno dalam “A Theory of Political Enterpreneurship” bahwa dalam kewirausahaan politik terdapat tiga pendekatan yaitu public choice, alertness & discovery, dan new institutionalism. Penelitian ini membahas tentang gagasan program kampanye One Kelurahan One Jejaring (OK-OJ) yang dibuat oleh Ernanto Djoko Purnomo sebagai caleg PKS dalam pemilu legislatif tahun 2019 dengan menggunakan pendekatan alertness & discovery. Program kampanye ini merupakan hasil Ernanto Djoko Purnomo dalam berdiskusi dengan masyarakat tentang permasalahan yang ada di kota Malang yang kemudian dituangkan dalam poin-poin program OK-OJ. Program ini menjadi program unggulan untuk meraih suara maksimal pada pileg 2019 di kota Malang. Jenis kampanye ini merupakan salah satu bentuk kampanye creative politics dengan harapan kampanye ini berdampak positif bagi caleg dan masyarakat. Studi ini juga menemukan fakta baru yaitu meskipun mendapatkan respon positif dari masyarakat, namun pada kenyataannya gagasan kampanye OK-OJ belum dapat memenangkan caleg Ernanto Djoko Purnomo dalam pemilu legislatif 2019 di kota Malang.