Empat Radio Satu Suara” (Upaya Masima Radio Networks: Prambors Radio, Delta FM, Bahana FM serta FeMale Radio dalam Mempertahankan Eksistensi Radio di Era Konvergensi Media, Studi Kajian dalam Ekonomi Media dan Manajemen Media)

Main Author: Salsabila, Gita
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174908/
Daftar Isi:
  • Perkemabngan teknologi komunikasi menjadi tantangan tersediri bagi media konvensional untuk mejaga eksistensi dan relevansi di tengah persaingan antar media massa saat ini. Sebagai upaya untuk menjaga eksistensi, kini radio mencoba menggunakan teknologi informasi dengan mengembangkan aplikasi streaming yang memudahkan para pendengar maupun konsumen media secara umum untuk mengakses media, hal ini termasuk sebagai salah satu fenomena konvergensi. Konvergensi merupakan penyatuan berbagai macam teknologi dan bentuk media yang hadir secara bersamaan. Konvergensi pada akhirnya akan mengarah pada bentuk-bentuk yang dikenal sebagai komunikasi multimedia (Fidler, 2003). Penelitian ini memberikan perhatian terhadap upaya Masima Radio Networks yang merupakan group dari beberapa radio ternama, diantaranya: Prambors Radio, Delta FM, Bahana FM, dan FeMale Radio dalam mempertahankan eksistensi radio di era konvergensi media dengan fokus studi ekonomi media dan manajemen media. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, metode ini dipilih agar penelitian ini dapat memberikan gambaran yang mendalam mengenai upaya Masima Radio Networks dalam mempertahankan eksistensinya di era konvergensi media. Penelitian ini menemukan bahwa radio-radio dalam Masima Radio Networks tidak hanya mengembangkan aplikasi streaming radio, namun juga mengelola akun media sosial, di dalam akun-akun media sosial Masima Radio Networks terlihat bahwa media sosial turut digunakan sebagai salah satu media untuk pendapatan media, yaitu melalui iklan, tidak hanya itu, konten yang disajikan juga beragam mulai dari video hingga gambar, hal ini peneliti simpulkan sebagai temuan bahwa Masima Radio Networks melakukan pengembangan konten di media sosial di era konvergensi media ini dan tetap tidak meninggalkan ciri khas utama dan keunggulan media group ini sebagai media radio, peneliti simpulkan bahwa hal ini membuat Masima Radio Group, kini sebagai perusahaan multimedia