印尼留学生汉语“被”字句使用偏误分析(Analisis Kesalahan Penggunaan Kata “Bei” Dalam Bahasa Mandarin Oleh Mahasiswa Indonesia)
Main Author: | Adiputra, Kevin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174873/ |
Daftar Isi:
- Kalimat "Bei" adalah salah satu poin kunci dan sulit dalam mengajar bahasa Cina sebagai bahasa asing. Ada perbedaan dalam tata bahasa, semantik dan pragmatik antara kalimat "Bei" Cina dan kalimat pasif Indonesia. Oleh karena itu, siswa Indonesia cenderung mengalami kesalahan dalam belajar dan menggunakan kalimat "Bei". Peneliti menginvestigasi dan menganalisis kesalahan para siswa dari Indonesia di Institut Teknologi Changzhou dan Institut Teknologi Mekanik dan Listrik Changzhou melalui kuesioner dan wawancara tatap muka. Ditemukan bahwa ada empat jenis kesalahan dalam penggunaan kalimat bahasa Cina "bei" oleh siswa Indonesia: kesalahan struktural, kesalahan posisi, kesalahan kelalaian dan kesalahan lain-lain. Penyebab kesalahan ini terkait erat dengan transfer negatif tata bahasa asli siswa Indonesia. Ada juga beberapa masalah dalam penyusunan buku pelajaran dan strategi pembelajaran. Dipercayai bahwa metode pengajaran komparatif, metode pengajaran kontekstual dan metode praktik dialog dapat membantu siswa Indonesia menghindari kesalahan di atas dan meningkatkan efisiensi belajar mereka dari kalimat "bei" bahasa Mandarin.