A Study on Teachers’ Way of Giving Feedback in English Class for the Eleventh Grade Students at SMKN 5 Malang in the Academic Year of 2018/2019
Main Author: | Arum, Meilisa Trisetya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174870/ |
Daftar Isi:
- Mempertimbangkan umpan balik guru sebagai sumber daya penting bagi siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka, penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana guru memberikan umpan balik dalam kegiatan berbicara. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dengan melakukan wawancara dan mendistribusikan kuesioner. Penelitian ini melibatkan guru bahasa Inggris dan siswa kelas XI SMKN 5 Malang pada tahun akademik 2018. Peneliti memperoleh data dengan mewawancarai 5 guru bahasa Inggris yang mengajar siswa kelas XI dan juga membagikan kuesioner kepada 96 siswa dari 8 mayoritas berbeda. Data kemudian (1) disalin, (2) dibaca, (3) diidentifikasi, (4) dikelompokkan dan (5) dianalisis untuk menjawab masalah penelitian. Umpan balik guru dalam kegiatan berbicara adalah suatu hal yang penting, bermanfaat dan juga dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dan kuesioner yang menunjukkan bahwa meskipun guru jarang memberikan umpan balik dan siswa tidak selalu memahami umpan balik guru, tetapi siswa tetap menerima dengan baik saran dari guru. Guru kebanyakan memberi umpan balik dalam bentuk koreksi eksplisit menggunakan bahasa Indonesia. Selain itu, guru juga menginformasikan contoh terkait dengan tugas berbicara, komentar serta kekuatan dan kelemahan siswa untuk mempermudah siswa untuk memahami umpan balik dari guru. Para siswa jarang merasa tidak nyaman dan justru merasa lebih termotivasi untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka setelah mendapatkan umpan balik.