Using Jigsaw technique to Improve Reading Comprehension of Narrative Text of the Tenth Grade Students in SMKN 1 Batu: Classroom Action Research

Main Author: Masruroh, Hanik
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dirancang untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa tentang teks naratif dengan menggunakan teknik jigsaw. Berdasarkan studi pendahuluan, peneliti menemukan beberapa masalah siswa dalam memahami teks naratif. Pertama, berdasarkan hasil wawancara guru, siswa kurang memahami teks naratif karena kurangnya kosakata. Kedua, berdasarkan hasil observasi di kelas, metode pengajaran membuat siswa bosan di kelas. Terakhir, berdasarkan hasil pre-test siswa, hanya ada 7 siswa yang lulus Standar Skor Minimum atau KKM. Untuk itu, peneliti mengaplikasikan teknik jigsaw untuk mengatasi masalah. Teknik jigsaw adalah teknik mengajar dimana siswa dibagi dalam beberapa kelompok dan setiap anggota bertanggung jawab untuk memahami dan menjelaskan satu paragraph dari teks yang disediakan oleh guru. Untuk mendapatkan pemahaman, mereka harus berdiskusi dengan teman yang lain dari kelompok berbeda yang juga memiliki paragraph yang sama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana teknik jigsaw dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca teks naratif siswa kelas X di SMKN 1 Batu. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas X di kelas BB 3 SMKN 1 Batu. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus yang terdiri dari empat pertemuan dan setiap pertemuan terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen; pedoman wawancara, tes kemampuan membaca, daftar observasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teknik jigsaw dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks naratif dalam satu siklus. Berdasarkan nilai siswa dalam studi pendahuluan, terlihat bahwa persentase skor siswa dari 34 siswa di kelas X BB 3 SMKN 1 Batu yang lulus KKM adalah 20,5% atau hanya 7 siswa yang lulus KKM, sedangkan skor siswa meningkat secara signifikan pada post-test, mencapai 82,3% atau 28 siswa yang lulus KKM. Hasil pengamatan dan catatan lapangan menunjukkan bahwa siswa antusias selama proses belajar mengajar, sedangkan interview dengan siswa telah dilakukan untuk mengetahui respon siswa terhadap pengaplikasian teknik jigsaw. Jadi, berdasarkan pada pemenuan-penemuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa teknik jigsaw dapat menjadi teknik yang tepat untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca teks naratif.