Budaya Populer Idol Sebagai Bentuk Soft Power Jepang Pada Acara Jogja Idol Festival

Main Author: Pratama, Denny Wahyu Putra
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174863/
Daftar Isi:
  • Soft Power merupakan kemampuan untuk mendapat hal yang diinginkan melalui daya tarik daripada tekanan maupun paksaan. Soft power merupakan bentuk dari cultural diplomacy dalam ranah diplomasi publik antar negara. Jepang memiliki sumber soft power yang potensial untuk menyebarkan pengaruhnya, salah satunya adalah idol. Idol sebagai budaya populer Jepang memiliki cukup banyak penggemar di Indonesia. Kepopuleran idol Jepang di Indonesia telah menciptakan sebuah acara di Yogyakarta bernama Jogja Idol Festival. Penelitian ini akan meneliti pengaruh budaya populer idol dalam acara Jogja Idol Festival sebagai bentuk soft power Jepang di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori soft power sebagai landasan utama. Metode yang digunakan adalah kualitatif, serta dilakukan wawancara tidak terstruktur dengan pendiri acara Jogja Idol Festival sekaligus melakukan observasi partisipasi dalam acara tersebut. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa budaya populer idol merupakan soft power bagi Jepang dalam menjalankan diplomasi budaya. Idol sebagai soft power dinilai telah berhasil membawa citra positif Jepang sebagai negara yang dekat dengan hati masyarakat Indonesia, dengan diadakannya acara Jogja Idol Festival.