Perilaku Konsumtif Para Pemain Cardfight!! Vanguard Dalam Komunitas Gamers Gate di Malang

Main Author: Rainer, Albert
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174862/
Daftar Isi:
  • Cardfight!! Vanguard merupakan salah satu jenis Collectible Card Game yang sedang populer di Indonesia. Memainkan Cardfight!! Vanguard ternyata memberikan peluang terjadinya perilaku konsumtif, hal tersebutlah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai fenomena ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Sumber data primer berupa angket dan wawancara yang akan diberikan kepada para anggota komunitas Gamers Gate. Dalam menganalisis data yang ada, peneliti akan menggunakan teori perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dalam permainan Cardfight!! Vanguard terdapat ketiga jenis perilaku konsumtif. Jenis perilaku konsumtif tersebut adalah Impulse Buying, Non Rational Buying, dan Wasteful Buying. Impulse Buying adalah pembelian yang terjadi secara tiba-tiba. Impulse Buying yang terjadi dikarenakan harga yang rendah dan kemauan yang kuat untuk mengesampingkan semua yang lain dan bertindak dengan seketika. Non Rational Buying adalah pembelian berdasarkan perasaan. Non Rational Buying yang terjadi dikarenakan iri hati dan harga diri. Wasteful Buying adalah pembelian dengan harga lebih dari yang seharusnya. Wasteful buying ini didasari oleh hobi dan koleksi para pemain.