Mitos Perempuan Cantik pada Konten Youtube Beauty Vlogger Tasya Farasya
Main Author: | Noorindasari, Geovenda Mareta |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174766/ |
Daftar Isi:
- Konten video beauty vlog dibawakan oleh seseorang perempuan yang disebut sebagai beauty vlogger. Konten video yang dibawakan oleh beauty vlogger bernama Tasya Farasya dapat berpengaruh terhadap kriteria kecantikan perempuan di Indonesia. Sehingga, kriteria tersebut membentuk sebuah mitos pada masyarakat. Kecantikan menjadi sebuah persaingan yang berujung kepada suatu permasalahan bahwa tubuh perempuan menjadi objek komersial pada industri kecantikan serta perempuan. Dengan begitu tubuh perempuan dipaksa untuk tunduk dan patuh terhadap sebuah aturan norma dan nilai kecantikan yang berlaku di masyarakat. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti menggunakan teori semiotika milik Roland Barthes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan semiotika Roland Barthes. Metode pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti dengan cara observasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Tasya Farasya membuat sebuah mitos mengenai perempuan cantik berdasarkan kecantikan perempuan barat