Peran Persepsi Risiko Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Mediator Terhadap Intensi Pembelian Kosmetik Online Di Shopee

Main Author: Florencia, Indira Rachel
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174747/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran persepsi risiko terhadap intensi pembelian online dengan kepercayaan konsumen sebaga mediator. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan melibatkan sebanyak 179 partisipan. Kriteria partisipan dalam penelitian ini adalah mahasiswa di kota Malang yang pernah melakukan pembelian produk kosmetik di Shopee. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi skala persepsi risiko Naiyi, skala kepercayaan konsumen Geven & Straub, dan skala intensi pembelian online Tarwiyanti. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji asumsi seperti uji normalitas, uji multikolineritas, dan uji heteroskedastitas serta menggunakan analisis jalur (path analysis). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi risiko memiliki peran negative yang signifikan terhadap intensi pembelian online, persepsi risiko juga memiliki peran negative yang signifikan terhadap kepercayaan konsumen, namun kepercayaan konsumen memiliki peran positif dan signifikan terhadap intensi pembelian online, dan hasil yang terakhir adalah kepercayaan konsumen dapat memediasi persepsi risiko terhadap intensi pembelian online.