Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya Dengan School Well- Being Pada Siswa Smp Full Day School

Main Author: Handoko, Illma Yuniar Bagus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174743/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school well-being pada siswa SMP full day school. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional. Menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling sebanyak 307 siswa (teknik analisis uji hipotesis menggunakan teknik correlations spearman’s melalui program SPSS 22.00 for windows antar kedua variabel). Penelitian ini menggunakan dua skala, yaitu : skala school well being dan skala dukungan sosial. Hasil analisis data menunjukkan terdapat korelasi hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school well-being dengan didapatkan nilai dari perhitungan correlations spearman’s pada SPSS 22.0 windows nilai signifikan sebesar 0,000<0,05, sehingga disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial teman sebaya dengan school well-being pada siswa SMP full day school dengan nilai koefisien menunjukkan sebesar 0.429. Keterkaitan kedua variabel dapat diartikan bahwa semakin tinggi dukungan sosial teman sebaya maka school well-being siswa juga semakin tinggi.