Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Media Sosial melalui Brand Ambassador pada Cakekinian

Main Author: Firmansyah, Dea Widya
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174721/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran media sosial yang dilakukan oleh Cakekinian dengan menggunakan brand ambassador. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, dengan menggunakan teknik wawancara dan observasi. Informan penelitian pada penelitian ini adalah pemilik Cakekinian dan tujuh orang konsumen Cakekinian secara acak. Berdasarkan hasil penelitian, Cakekinian menggunakan Instagram dan website sebagai media komunikasi dengan konsumen. Upaya yang dilakukan Cakekinian dalam memaksimalkan media komunikasi pemasaran dan peningkatan penjualan adalah dengan menggunakan selebritas sebagai brand ambassador. Tujuan utama dari Cakekinian adalah membuktikan bahwa produk bisnis kue dengan menggunakan brand ambassador dapat bersifat sustainable serta menghasilkan profit. Cakekinian menetapkan Arief Muhammad sebagai brand ambassador. Peran dari Arief Muhammad adalah mempromosikan Cakekinian melalui Instagram dan Youtube pribadinya dan menjadi aktor dalam unggahan foto pada media sosial Instagram Cakekinian. Selain menjadi brand ambassador, Cakekinian juga memposisikan Arief Muhammad sebagai pemilik agar dapat dilibatkan dalam pengambilan keputusan. Dampak yang dihasilkan dari pemilihan Arief Muhammad adalah tingkat penjualan yang tinggi serta informasi tentang Cakekinian tersebar secara luas dan cepat.