Peran Media Massa dalam Membvangun Strategi Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Studi Kasus Pemenangan Khofifah-Emil dalam Pilkada Jatim 2018)

Main Author: Saputro, Fauzi Alfian Gunarto
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174639/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini mengidentifikasi bagaimana peran dan bentuk kontribusi media massa terhadap elektabilitas yang dimiliki calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah-Emil dalam strategi pemenangan yang dilakukan pada pemilihan gubernur Jawa Timur 2018 serta dasar alasan redaksi memberikan dukungan tersendiri kepada salah satu calon gubernur yaitu Khofifah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan data primer yaitu wawancara, dan data sekunder, diperoleh dari tautan dan konten yang ada pada media massa maupun media sosial yang dianalisis menggunakan teknik analisis konten, dan penarikan kesimpulan. Fenomena yang ada dan yang mendasari penelitian ini ialah pola strategi yang dilakukan oleh Cagub dan Cawagub dalam membangun citra baik demi meningkatkan elektabilitas dan mengumpulkan dukungan masyarakat melalui pencitraan yang dilakukan menggunakan media massa dan media sosial, dalam wacana yang ada pada media massa tersuratkan secara jelas bagaimana media massa yang mendukung salah satu calon yang bertanding pada pilgub dengan mengkonstruksi citra yang baik untuk salah satu calon gubernur tersebut yang harapan nya akan memberikan persepsi kepada masyarakat dan akhirnya memenangkan Pilgub Jatim 2018. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bentuk – bentuk pencitraan yang dilakukan oleh Khofifah-Emil menggunakan media massa, salah satu media massa yaitu Harian Bangsa yang memberikan dukungan khusus berupa wacana pada media cetak dan media online nya secara terus – menerus menjelang Pilgub dan keberpihakannya kepada Khofifah-Emil serta dasar alasan dan keuntungan redaksi tersebut memihak.