Penggunaan Media Flashcard Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Bahasa Prancis Bagi Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Karimun
Main Author: | Sianturi, Grace Olivia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174518/ |
Daftar Isi:
- SMA Negeri 4 Karimun merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Indonesia yang memasukkan Bahasa Prancis sebagai mata pelajaran bahasa asing yang dapat dipilih untuk diperdalam oleh siswa. Ada empat kecakapan yang harus dikuasai siswa dalam menguasai ketrampilan berbahasa Prancis, salah satunya yaitu menulis (Production Écrite). Berdasarkan hasil pengamatan peneliti saat melaksanakan observasi kelas, masih banyak terdapat kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 4 Karimun dalam menyusun sebuah kalimat, yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Penggunaan teknik pembelajaran konvensional disinyalir kurang kreatif sehingga tidak sedikit siswa merasa bosan dan kemudian menjadi salah satu faktor kesalahan dalam pembelajaran menulis Bahasa Prancis di SMA Negeri 4 Karimun. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan keefektifan dan motivasi para siswa dalam mempelajari Bahasa Prancis khususnya dalam ketrampilan menulis. Melalui penelitian ini pula, peneliti berharap peserta didik dapat lebih memahami struktur gramatikal, ejaan, dan kosa kata dalam Bahasa Prancis. Selain itu para siswa juga diharapkan mampu untuk menulis teks dengan menggunakan struktur kalimat yang baik dan benar. Metode penelitian ini adalah Pre-Experimental Design dengan menggunakan bentuk eksperimen One-Group Pretest-Posttest Design. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji t-test menggunakan program IBM SPSS 26.0.0.0 for Windows. Hasil rata-rata pretest menunjukkan 36.39. Sementara itu, hasil posttest adalah 85.98. Berdasarkan hasil rata-rata tersebut, maka diketahui adanya peningkatan hasil rata-rata nilai dari 27 siswa. Penggunaan uji t-test menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima berdasarkan nilai signifikansi (sig.) 0.000 yang lebih kecil dari α 0.05 (0.000 < 0.05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis paragraf Bahasa Prancis bagi siswa kelas XI SMA Negeri 4 Karimun sesudah menggunakan media flashcard. Penelitian ini dapat digunakan bagi peneliti selanjutnya sebagai referensi untuk melanjutkan penelitian di bidang pembelajaran Bahasa Prancis. Hal ini perlu dilakukan agar proses pembelajaran di masa-masa selanjutnya lebih inovatif dan berkembang sesuai dengan kemajuan zaman yang semakin modern.