Re-Use Intention In Using M-Wallet Toward Perceived Of Risk, Perceived Ease Of Use, Usefulness, Benefit And Satisfaction In Ovo Electronic Payment (A Case Study On Faculty Of Economics And Business At Universitas Brawijaya)

Main Author: Napitupulu, Alexander Jascha P.
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174508/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi risiko, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi manfaat, persepsi manfaat pada persepsi kepuasanyang menggunakan sistem dompet elektronik/smartphone, dan menguji pengaruh kepuasan terhadap niat penggunaan ulang menggunakan M-Wallet. Tipe pada penelitian ini adalah kuantitatif untuk menjelaskan fenomena dalam bentuk hubungan antar konstruk. Konstruk ini adalah efek dari Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Kegunaan dan Persepsi Manfaat terhadap Kepuasan untuk Niat Menggunakan Kembali M-Wallet. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan data dikumpulkan menggunakan metode survei yaitu kuesioner. Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus slovin dan responden adalah 293 mahasiswa aktif Strata Satu dari Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Partial Least Square (PLS) dengan bantuan SmartPLS versi 3. Diharapkan bahwa perusahaan dapat mempertahankan dan meningkatkan layanan untukPersepsi Kemudahan Penggunaan, dengan meningkatkan kenyamanan bagi konsumen sehingga Persepsi Kepuasan akan meningkat dan memengaruhi niat untuk menggunakan OVO kembali. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Persepsi Risiko, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Persepsi Manfaat, Persepsi Manfaat memiliki pengaruh positif terhadap Persepsi Kepuasan. Dan, persepsi kepuasan (Y) mempengaruhi individu untuk berminat menggunakan kembali (Z) pembayaran elektronik dengan menggunakan OVO. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi kepuasan, maka akan semakin tinggi efek terhadap minat penggunaan pembayaran elektronik kembali pada OVO