Improving Reading Comprehension on Narrative Text by Using Mind Mapping Strategy for The First Year Students of SMA Muhammadiyah 1 Malang
Main Author: | Sari, Vidia Mega Permata |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174474/ |
Daftar Isi:
- Membaca adalah salah satu keterampilan penting dalam bahasa Inggris. Siswa dapat memperoleh lebih banyak pengetahuan dan informasi dari sumber apa pun dengan membaca. Berdasarkan studi pendahuluan, siswa memiliki beberapa masalah dalam pemahaman membaca. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Pemahaman Membaca tentang Teks Naratif dengan Menggunakan Mind Mapping untuk Siswa Kelas Satu SMA Muhammadiyah 1 Malang” Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh dengan menggunakan strategi Mind Mapping pada teks naratif di SMA Muhammadiyah 1 Malang. Subjek penelitian adalah 22 siswa dari kelas sepuluh SMA Muhammadiyah 1 Malang pada tahun akademik 2018/2019. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari satu siklus dari lima pertemuan. Prosedur CAR terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan daftar pengamatan, kuesioner, pre-test, dan post-test sebagai instrumen. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Pre-test dilakukan pada pertemuan pertama sedangkan post-test dilakukan pada pertemuan terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemetaan pikiran dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa dengan mengidentifikasi struktur generik tentang teks; mengenali kata makna dalam konteks; menemukan informasi detail dari teks; dan membuat kesimpulan teks. Peningkatan siswa dalam proses belajar mengajar adalah; (1) siswa lebih aktif dan (2) siswa menikmati. Peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat dari peningkatan prestasi siswa dari 23% keberhasilan dalam pre-test menjadi 100% pada post-test. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa strategi Mind Mapping dapat meningkatkan pemahaman membaca siswa. Oleh karena itu, direkomendasikan bahwa pemetaan pikiran dapat menjadi strategi yang baik untuk digunakan dalam proses belajar mengajar.