The Implementation of Differentiated Instructional Strategies for Blind Student in English Learning: A Case Study on Bahasa Inggris Terjemahan Class in Universitas Brawijaya

Main Author: Wulandari, Destina
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174472/
Daftar Isi:
  • Pendidikan adalah hak untuk setiap anak termasuk orang dengan disabilitas. Untuk mendukung strategi pendidikan inklusif, Tomlinson (2013) merekomendasikan strategi yang dinamakan Differentiated Instruction Strategy (DIS). Ini adalah strategi yang dirancang secara berbeda untuk mengakomodasi kebutuhan siswa. Strategi ini memberikan bimbingan bagi guru dalam mengatasi perbedaan kesiapan, minat, dan profil pembelajaran anak-anak, dengan tujuan memaksimalkan kapasitas setiap pelajar. Oleh karena itu, penelitian ini mencoba menjelaskan penerapan DIS untuk siswa tunanetra di kelas Bahasa Inggris Terjemahan (Bahasa Inggris) di Universitas Brawijaya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang melibatkan dua subjek penelitian yaitu seorang siswa tunanetra di kelas Terjemahan Bahasa Inggris dan seorang dosen kelas Terjemahan Bahasa Inggris. Peneliti menganalisa data berdasarkan lima indikator, yaitu lingkungan fisik, perilaku dosen, keterlibatan siswa tunanetra, bahan atau sumber, dan strategi pengajaran. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara Sebagai hasil dari penelitian ini, peneliti menemukan bahwa menerapkan DIS untuk siswa tunanetra di kelas Terjemahan Bahasa Inggris memberikan keuntungan namun juga memberikan tantangan. Strategi ini dapat mengakomodasi kebutuhan siswa tunanetra dalam hal perilaku dosen tetapi kurang pada materi atau sumber. Berdasarkan temuan, peneliti berharap bahwa penelitian ini akan bermanfaat bagi dosen bahasa Inggris yang mengajar siswa tunanetra di kelas umum. Para peneliti menyarankan peneliti berikutnya untuk meneliti unit yang lebih kecil dari penerapan Strategi Pembelajaran Diferensial untuk siswa tunanetra sehingga penelitian ini bisa mendapatkan data yang lebih dalam. Peneliti menyarankan topik menganalisis dampak penerapan Strategi Pembelajaran Diferensial untuk motivasi belajar siswa tunanetra.