Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Prestasi Belajar Siswa

Main Author: Ardana, Cendy Novria
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174470/
Daftar Isi:
  • Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan prokrastinasi dengan prestasi belajar siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis survey. Alat ukur yang digunakan dalam survey ada dua, yaitu skala prokrastinasi dan skala prestasi belajar Responden penelitian ini terdiri dari 100 siswa kelas X disalah satu SMA di Kota Nganjuk. Metode pengambilan sampel dilakukan secara non-random sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi non parametrik yaitu Spearman-Rho. Hasil dari uji hipotesis menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar -0,318 (p<0,01) yang mengindikasikan adanya korelasi negatif antara prokrastinasi dengan prestasi belajar. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi prokrastinasi pada siswa SMA akan diikuti dengan semakin menurunnya prestasi belajar. Demikian pula sebaliknya, semakin tinggi prestasi belajar diikuti dengan semakin rendahnya prokrastinasi pada siswa SMA.