Hubungan Antara Kesulitan Dalam Regulasi Emosi Dengan Penyesuaian Diri Pada Siswa Sma Boarding School
Main Author: | Rasyidah, Andryana Jihan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174469/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kesulitan dalam regulasi emosi dengan penyesuaian diri pada siswa di SMA boarding school. Sampel penelitian berjumlah 83 siswa dengan teknik total sampling dari seluruh siswa kelas X yang berada di SMA Dwiwarna boarding school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional, karena peneliti berusaha untuk melihat hubungan antara kedua variabel. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala penyesuaian diri dari Nadjamuddin & Prihastuti (2018) dengan reliabilitas sebesar 0,789 dan skala kesulitan regulasi emosi menggunakan difficulties in emotion regulation scale (DERS) dari Gratz & Roemer (2004) dengan reliabilitas sebesar 0,93. Data dianalisis menggunakan Pearson’s Product Moment dengan bantuan program SPSS Statistic 23.0. Hasil perhitungan menunjukkan nilai korelasi sebesar -0,554 dengan taraf signifikansi sebesar 0,000 (P<0.05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif yang signifikan antara kesulitan regulasi emosi dengan penyesuaian diri pada siswa SMA boarding school