Pengaruh Celebrity Endorser Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Eksplanatif Pengaruh BTS Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone LG G7+ ThinQ)
Main Author: | Iriani, Rahma Pandita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174452/ |
Daftar Isi:
- Teori Elaboration Likelihood Model (ELM) merupakan salah satu teori persuasi yang menjelaskan bagaimana individu memproses sebuah pesan dan bagaimana perubahan sikap yang timbul setelah memproses pesan tersebut. Terdapat 2 rute dasar dalam teori ELM untuk menjelaskan proses pengolahan pesan individu, yaitu rute sentral dan rute periferal. Celebrity endorser merupakan setiap individu yang mendapatkan perhatian publik dan mengambil keuntungan dari perhatian publik tersebut dengan muncul dalam iklan untuk mempromosikan produk (McCracken dikutip dari Sertoglu, Catli & Korkmaz, 2014). Celebrity Endorser banyak digunakan dalam iklan untuk mempersuasi konsumen agar melakukan pembelian pada produk yang diiklankan. Dalam penelitian ini, teori Elaboration Likelihood Model digunakan untuk menjelaskan pengaruh celebrity endorser dalam iklan yaitu BTS (Bangtan Sonyeondan) terhadap keputusan pembelian produk smartphone LG G7+ ThinQ oleh konsumen. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan positivistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatif dengan survey sebagai teknik pengumpulan data. Sampel yang digunakan adalah 100 orang pengikut akun twitter resmi yang dimiliki oleh LG Mobile Indonesia yaitu @lgmobileid. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda yang berfungsi untuk membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil analisis, diketahui bahwa celebrity endorser berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian konsumen baik dalam rute sentral dan rute periferal. Hasil pengujian hipotesis secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa kedua variabel independen yaitu pengaruh celebrity endorser dalam rute sentral (X1) dan rute periferal (X2) berpengaruh positif secara terpisah terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen (Y) dengan pengaruh dalam rute sentral (X1) lebih dominan. Dari hasil uji hipotesis secara simultan (uji F) dapat diketahui bahwa kedua variabel pengaruh celebrity endorser dalam rute sentral (X1) dan rute periferal (X2) berpengaruh positif secara bersamaan terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian konsumen (Y). Angka koefisien determinansi (adjusted R2) sebesar 0,58 menunjukkan bahwa 58% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel pengaruh celebrity endorser dalam rute sentral (X1) dan rute periferal (X2) sedangkan 42% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.