Konsumsi Simulacra Idol Group Agensi AKS oleh Komunitas UB48

Main Author: Sinaro, Rivado Bagas
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174423/
Daftar Isi:
  • Konsumsi merupakan hal yang kita lakukan sehari-hari, termasuk perilaku mengkonsumsi simulacra. Simulacra adalah kontruksi pikiran imajiner yang mewakili realitas, tanpa menghadirkan realitas secara langsung dan pikiran imajiner tersebut dianggap sebagai realitas yang sejati. Konsumsi simulacra terlihat tidak hanya pada konsumsi bahan pokok namun terlihat pada konsumsi hobi atau kegemaran atas idol group. Penulis tertarik meneliti tema ini dengan rumusan masalah berupa (1) Bagaimana bentuk simulacra yang dibuat oleh agensi AKS pada kegiatan idol group yang dikonsumsi oleh komunitas UB48? ; (2) Bagaimana bentuk simulacra idol group yang dikonsumsi oleh komunitas UB48? Untuk mengkaji rumusan masalah penulis menggunakan teori simulacra Jean P. Baudrillard. Metode yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simulacra yang dibentuk oleh agensi adalah performance dan character. Kemudian simulacra yang dibentuk oleh agensi berhasil dilakukan kepada penggemar idol group yang berada pada komunitas UB48. Hal ini dibuktikan dengan perilaku penggemar dari UB48 yang mengkonsumsi perfomance dan character idol group secara terus-menerus dan menganggap bahwa idol group sebagai realitas yang sejati yang membuat penggemar dari UB48 bersedia dan suka rela untuk membeli merchandise yang berkaitan dengan idol group, serta datang ke teater dan handshake event untuk menemui idol group favoritnya.