Pengaruh Situs Belajar Online BondLingo Terhadap Penguasaan Kosakata Bahasa Jepang Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Malang (Studi Kasus Pada Siswa yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Jepang)
Main Author: | Dewi, Yacinta Elsanella Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174390/ |
Daftar Isi:
- Dalam dunia pendidikan, terutama Bahasa Jepang, teknologi digunakan sebagai media pembelajaran, contohnya ialah e-learning. Salah satu bentuknya berupa situs belajar online seperti situs belajar online BondLingo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh situs belajar online BondLingo terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa Kelas XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang di SMA Negeri 6 Malang, serta untuk mengetahui perbedaan hasil antara siswa yang menggunakan situs belajar online BondLingo dengan siswa yang tidak menggunakan situs belajar online BondLingo. Penelitian ini menggunakan teori tentang media pembelajaran, e-learning, dan situs belajar online. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eskperimen kuasi. Data yang diperoleh berupa hasil pretest-posttest kosakata bahasa Jepang tentang materi kata sifat dan waktu. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan metode statistik deskriptif dengan tujuan mendeskripsikan data yang telah terkumpul tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Hasil penelitian menunjukkan situs belajar online BondLingo tidak terlalu memberikan pengaruh positif terhadap penguasaan kosakata bahasa Jepang pada siswa Kelas XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang. Dapat dilihat pada jumlah rata-rata kelompok eksperimen yang mengalami peningkatan dari 68,333 menjadi 69,444, namun angka tersebut bukan angka yang signifikan untuk rata-rata kelulusan mata pelajaran Bahasa Jepang di SMA Negerti 6 Malang. Hasil penelitian juga menunjukkan perbedaan antara siswa yang menggunakan situs belajar online BondLingo dengan siswa yang tidak menggunakan situs belajar online BondLingo. Perbedaan tersebut dapat dilihat dari selisih rata-rata kelompok eksperimen yang meningkat sebesar 1,111 dan rata-rata kelompok kontrol yang menurun sebesar 7,222.