Analisis Pengembangan Strategi Pada Pt. Putra Seratai Sebagai Distributor Elpiji Bersubsidi 3 Kg Pt. Pertamina (Persero) Di Kota Balikpapan Kalimantan Timur

Main Author: Syaparuddin, Muhammad Danang
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174369/
Daftar Isi:
  • Saat ini bisnis di bidang energi merupakan bisnis yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Salah satu produk energi yang sangat dibutuhkan masyarakat adalah LPG (Liquid Petrolium Gas) yang diproduksi oleh PT Pertamina (Persero). Pada awalnya produk Elpiji Bersubsidi ini hanya dikemas dalam bentuk tabung berukuran 12 Kg – 50 Kg, yang diperuntukkan bagi kalangan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi lingkungan dan strategi yang tepat bagi PT. Putra Seratai. Jenis penelitin ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode pengumpulan data menggunakan studi kasus dengan teknik pengumpulan menggunakan studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah matrik IFE, matriks EFE, matriks CPM, matriks SWOT, grand strategy matrix, matriks IE dan matriks QSPM Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Putra Seratai berada pada posisi di atas rata-rata dan mampu mengatasi kelemahan dengan mengoptimalkan kekuatan yang dimiliki. Selain itu, PT. Putra Seratai mampu merespon peluang degan mengatasi segala ancaman yang ada. A;ternatif strategi yang layak dilakukan berdasarkan matrisk QSPM adalah penetrasi pasar.