Hubungan Antara School Connectedness Dengan School Well-Being Siswa Sekolah Menengah Pertama Full Day

Main Author: Sholihah, Aidatus
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174335/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara school connectedness dengan school well-being siswa sekolah menengah pertama full day. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan subjek yang terdiri dari siswa SMP sebanyak 158 siswa dan menggunakan teknik accidental sampling sebagai teknik pengambilan sampelnya. Penelitian ini menggunakan dua skala yaitu, skala School well-being dan Measurement of School connectedness (MOSC). Uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan program R version 3.5.2. Hasil menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara school connectedness dengan school well-being dengan nilai signifikansi (p) sebesar 8,075 x 10-13 (p < 0,05) dengan koefisien korelasi sebesar 0,524 yang bermakna bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara school connectedness dengan school wellbeing. Nilai positif pada koefisien menunjukkan bahwa semakin tinggi school well-being semakin tinggi juga school connectedness. Begitu juga sebaliknya semakin rendah school connectedness semakin rendah pula school well-being.