Pengaruh Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Kafe Di Malang Yang Dimediasi Oleh Strategi Bersaing
Main Author: | Mardhiyah, Radiyatan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174318/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin ketatnya persaingan antar bisnis kafe yang menuntut pengusaha mampu memberikan nilai lebih kepada pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja kafe dengan strategi bersaing sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian ini adalah explanatory research. Sampel yang digunakan sebanyak 74 responden dengan teknik pengambilan sampel convenience sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (Path Analysis) dan uji hipotesis dilakukan menggunakan uji t dan uji sobel dengan menggunakan program SPSS 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh orientasi pasar terhadap strategi bersaing, orientasi pasar tidak berpengaruh terhadap kinerja kafe, dan strategi bersaing berpengaruh terhadap kinerja kafe. Sehingga, strategi bersaing secara tidak langsung berpengaruh terhadap hubungan antara orientasi pasar dengan kinerja kafe.