Pengaruh Free Cash Flow Dan Leverage Terhadap Agency Cost (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bei Periode Tahun 2015-2017)

Main Author: Shabrina, Azaria Rahma
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174209/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh free cash flow dan leverage terhadap agency cost. Agency cost diukur menggunakan dua proksi yaitu rasio asset turnover dan rasio SGA expense to sales. Populasi penelitian merupakan seluruh perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia sejak 2015-2017. Sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang terdiri dari 31 perusahaan yang sesuai dengan kriteria populasi. Data yang digunakan adalah data sekunder bersumber pada laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah di audit dengan menggunakan metode analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa free cash flow dan leverage mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap agency cost yang menggunakan proksi asset turnover dan tidak signifikan terhadap proksi SGA expense to sales ratio. Dan leverage berpengaruh positif tidak signifikan terhadap agency cost. Implikasi dalam penelitian ini diharapkan perusahaan manufaktur menggunakan free cash flow dan utang untuk meningkatkan kinerja keuangan agar tercapainya kesejahteraan para pemegang saham