Analisis Faktor Penempatan Dan Penentu Keberhasilan Praktik Kerja Lapangan (PKL) Menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif (Studi Pada SMK PGRI 3 Malang)

Main Author: Firmansyah, Abdurrahman
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174188/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan program praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK PGRI 3 Malang. Evaluasi praktik kerja lapangan tersebut dilihat dari faktor-faktor penempatan dan penentu keberhasilan PKL di SMK PGRI 3 Malang. Hasil evaluasi digunakan sebagai masukan dalam pelaksanaan praktik kerja lapangan selanjutnya. Penelitian ini dilakukan di SMK PGRI 3 Malang keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan jaringan (TKJ), serta Multimedia (MM). Responden penelitian ini adalah 110 siswa, 9 guru pembimbing PKL, dan 5 Perusahaan (DU/DI). Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan metode kuantitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik kerja lapangan (PKL) siswa SMK PGRI 3 Malang secara keseluruhan meliputi: (1) akademik termasuk dalam kategori netral. (2) kesiapan siswa termasuk dalam kategori tinggi. (3) tempat tinggal siswa termasuk dalam kategori tinggi. (4) manfaat PKL termasuk dalam kategori tinggi. (5) kendala PKL termasuk dalam kategori tinggi. (6) fasilitas termasuk dalam kategori tinggi. (7) persepsi siswa tentang kompetensi guru termasuk dalam kategori tinggi. (8) kinerja siswa termasuk dalam kategori tinggi.