Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Malang

Main Author: Budiman, Yuliana Anggreini
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174089/1/Yuliana%20Anggreini%20Budiman%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/174089/
Daftar Isi:
  • Problem Based Learning (PBL) merupakan proses pembelajaran dikelas dimana pusat pembelajarannya berdasarkan masalah di kehidupan nyata. Kemudian dari masalah ini peserta didik arahkan untuk dapat mempelajari masalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang telah mereka miliki sebelumnya, sehingga dari pengalaman ini akan terbentuk pengetahuan dan pengalaman baru. Dengan demikian, masalah yang ada digunakan sebagai sarana agar peserta didik dapat belajar sesuatu yang dapat mendukung keilmuannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar mata pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar dengan menggunakan model PBL (Problem Based Learning) lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran direct instruction berdasarkan aspek dari ranah kognitif dan psikomotorik pada peserta didik kelas X jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Negeri 3 Malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai peserta didik pada ranah kognitif dengan mengimplementasikan model pembelajaran PBL memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,993 nilai ini lebih besar dari 0,05 atau 0,993 > 0,05. Sedangkan nilai peserta didik pada ranah psikomotorik memiliki nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,001 nilai ini lebih kecil dari 0,05 atau 0,001 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara pengimplementasian model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif, namun pada hasil belajar peserta didik ranah psikomotorik hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan.