Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang
Main Author: | Saida, Lizma Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174084/1/Lizma%20Nursaida%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/174084/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah dari hasil observasi yang penulis lakukan di SMK Negeri 3 Malang dan didapatkan permasalah yakni peserta didik yang terpaku pada materi yang ada pada powerpoint sehingga sumber belajar lain misalnya buku mata pelajaran dan modul yang tersedia tidak dimanfaatkan oleh peserta didik. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian berjudul Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar, Kebiasaan Belajar, dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 3 Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah quasi experimental design dengan terdapat 2 kelas pnelitian yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk pengukuran variabel motivasi belajar dan kebiasaan belajar, sedangkan hasil belajar menggunakan instrumen soal pretest dan posttest. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari variabel media pembelajaran interaktif berbasis powerpoint terhadap motivasi belajar, kebiasan belajar, dan hasil belajar peserta didik. Dibuktikan dari hasil uji korelasi menyatakan media interaktif powerpoint berpengaruh positif terhadap motivasi belajar sebesar 44,22% sedangkan 55,78% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada kebiasaan belajar terdapat 77,44% pengaruh, seedangkan 22,56% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Pada hasil belajar peserta didik terdapat 81,18% pengaruh sedangkan 18,82% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga penulis menyarankan bagi pendidik untuk lebih memanfaatkan media powerpoint secara interaktif guna meningkatkan sikap motivasi dan kebiasaan belajar yang baik.