Evaluasi Kualitas Layanan APEKESAH Versi 3 Menggunakan Metode e-Govqual dan Importance Perfromance Analysis (IPA) (Studi Kasus Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Batam)
Main Author: | Purwanto, Dandy Eko |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174079/1/Dandy%20Eko%20Purwanto%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/174079/ |
Daftar Isi:
- E-Government merupakan suatu pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di bidang pemerintahan. Kebijakan penggunaan e-Government tertuang dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia No. 3 Tahun 2003 tentang kebijakan dan strategi nasional dalam pengembangan e-Government. Pemanfaatan TIK dalam proses pemerintahan (e-Government) sendiri akan dapat meningkatkan efektifitas, efisiensi, transparansi dan akuntabilitas penyelenggaraan pemerintahan. Pemerintah Kota Batam melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Batam menerapkan konsep e-Government dengan cara membangun suatu layanan pengaduan masyarakat sebagai media pelayanan publik yang diberi nama APEKESAH. APEKESAH berfungsi sebagai wadah masyarakat melakukan pengaduan terhadap kejadian – kejadian tertentu kepada organisasi perangkat daerah (OPD) Kota Batam. Berdasarkan penelitian awal, ditemukan beberapa permasalahan seperti : (1) 43,75% pengguna mengalami permasalahan pada fitur yang ada pada layanan APEKESAH; (2) 87,5% pengguna mengalami permasalahan pada tampilan dari website APEKESAH, dan (3) 62,5% pengguna mengalami permasalahan pada janji layanan yang tidak terpenuhi. Untuk mengetahui kualitas dari suatu layanan e-Government maka dapat dipilih suatu model evaluasi kualitas layanan digital yang spesifik untuk domain e-Govenrment yang di sebut e-Govqual serta untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja beserta ekspetasi masyarakat digunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Dari hasil penelitian, terdapat 4 atribut dari e-Govqual yang berada pada Kuadran A IPA yang menyatakan bahwa terdapat 4 atribut yang memiliki ekspetasi tinggi namun perfromanya rendah. Berdasarkan temuan tersebut, maka dibuatlah suatu rekomendasi untuk memperbaiki atribut-atribut yang berada pada kuadran tersebut sehingga diharapkan layanan APEKESAH dapat memenuhi ekspetasi penggunanya