Analisis Implementasi Program Electronic Tempaat Pelayanan Terpadu (Studi pada KPP Pratama Malang Utara)

Main Author: Adu, Murni Enesti
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/174004/
Daftar Isi:
  • Modernisasi administrasi perpajakan adalah pemanfaatan sistem informasi dan komunikasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada wajib pajak. KPP Pratama Malang Utara memanfaatkan sistem informasi dan komunikasi dengan mengembangkan aplikasi e-TPT. E-TPT adalah aplikasi berbasis android yang dapat digunakan untuk mengambil nomor antrean TPT, mengetahui informasi perpajakan dan melakukan komunikasi perpajakan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis implementasi e-TPT dalam rangka kemudahan pelayanan perpajakan serta kekuatan dan hambatan penerapan e-TPT dalam modernisasi perpajakan. Penelitian ini menggunakan penlitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa Implementasi e-TPT Implementasi e-TPT belum sesuai dengan tahap implementasi menurut O’Brien dan Marakas ditandai dengan terdapat dua tahap yang belum terpenuhi dengan baik yaitu akuisisi perangkat lunak dan keras serta tahapan dokumentasi. Implementasi e-TPT juga belum sebagai perwujudan dari modernisasi perpajakan ditandai dengan sistem informasi yang belum sukses diterapkan menurut DeLone dan McLean (2003). Kekuatan dan peluang e-TPT terhadap modernisasi perpajakan kecil bila dibandingkan dengan hambatan dan ancaman terhadap modernisasi perpajakan. Rekomendasi kepada KPP Pratama Malang Utara yaitu perlu membuat suatu proses bisnis melalui Standar Operasional Prosedur (SOP) dan melakukan pengembangan sistem dengan menggandeng pihak ketiga atau vendor IT untuk melakukan kajian lebih dalam mengenai informasi dan pelayanan perpajakan yang sesuai dengan kebutuhan wajib pajak dan petugas pajak di KPP Pratama Malang Utara. Secara teknis juga perlu mengembangkan fiturnya.