Pengaruh Bauran Ritel terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Survei pada Pelanggan Hypermart Malang Town Square Kota Malang)
Main Author: | Rachmanto, Diofani Gilang |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/174003/ |
Daftar Isi:
- Strategi yang dapat digunakan oleh para pengusaha bisnis ritel dalam memenangkan persaingan adalah dengan menerapkan strategi bauran ritel yang tepat dan efektif. Untuk meningkatkan nilai tambah usahanya dibandingkan dengan pesaing, biasanya peritel menerapkan unsur dari bauran ritel yang berfokus untuk memuaskan pelanggan serta menciptakan loyal pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menjelaskan: (1) Pengaruh Bauran Ritel terhadap Kepuasan Pelanggan; (2) Pengaruh Bauran Ritel terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) Pengaruh dari Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian explanatory dengan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 115 orang responden yang merupakan pelanggan dari Hypermart Malang Town Square dengan menggunakan penentuan purposive sampling method. Metode pengumpulan data yang digunakan dengan survei melalui kuesioner. Analisis data yang digunakan dengan analisis data deskriptif dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bauran Ritel (X) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y1) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,638 dan nilai thitung sebesar 8,805; 2) Bauran Ritel berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,260 dan nilai thitung sebesar 3,089; 3) Kepuasan Pelanggan (Y1) berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (Y2) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0,535 dan nilai thitung sebesar 6,369.