Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Pada SMAN 3 Malang)
Main Author: | Parwita, Hendra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173993/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini berisi tentang, Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa kelas X SMA N 3 Malang. Berkembangnya teknologi menuntut manusia untuk dapat terus mengikutinya. Seiring dengan perkembangan teknologi baru-baru ini fenomena game online telah muncul dan menyebar luas dalam masyarakat. Tidak main-main pengguna game online berasal dari semua kalangan yaitu, anak-anak, remaja, dewasa, dan orang tua. Motivasi belajar merupakan hal terpenting bagi seorang anak untuk dapat terus belajar. Motivasi belajar seorang anak akan muncul jika ada suatu hal yang dapat memicunya dan salah satunya adalah game online. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada pengaruh game online terhadap motivasi belajar siswa. Jenis Penelitian yang digunakan adalah eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif, dan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sebanyak 250 siswa. Penelitian ini menggunakan Teknik quota sampling dengan menentukan sampel dengan kriteria tertentu dan menetapkan kuotanya sehingga sampel berjumlah 69 siswa kelas X yang bermain game online. Data-data yang disajikan dalam penelitian ini menggunakan data primer yaitu melalui kuisoner dan data sekunder yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai data pendukung serta referensi yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat adanya pengaruh posotif antara game online terhadap motivasi belajar dan hal ini ditunjukan pada koefisien korelasi sebesar 0,861, dan signifikan di uji melalui t hitung sebesar 13,880 yang lebih besar dari t tabel sebesar 1,996. Nilai R2 ( R Square) sebesar 0,742 menjelaskan bahwa pengaruh variabel Game Online terhadap Motivasi Belajar Siswa sebesar 74,2% sedangkan sisanya disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Melalui pengguanaan yang sesuai dengan proporsional, game online dapat bermanfaat dalam membangun motivasi belajar siswa baik dari segi kognitif dan juga psikomotorik. Hal ini dapat dilihat oleh beberapa siswa yang belajar Bahasa inggris dari game online yang dimainkannya, membentuk kelompok belajar untuk saling bertukar pikiran dan berkerja sama, dan memiliki tanggung jawab yang besar untuk menyelesaikan tugas.