Optimasi Game AI Pada Game Strategi Dengan Menggunakan Algoritme Genetik
Main Author: | Subiantoro, Tio Allin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173991/2/Tio%20Allin%20Subiantoro%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/173991/ |
Daftar Isi:
- Hampir pada setiap video game, AI (Artificial Intelligence) dibuat untuk menghadapi dan menantang pemain untuk mengalahkannya. Namun pada game strategi, AI dibuat dengan menggunakan pertimbangan sederhana. Seperti pertimbangan apakah jarak unit lawan masuk pada jangkauan serang, seberapa kuatkah unit lawan yang ada pada jarak. Sehingga pola pergerakan dari lawan lebih mudah ditebak dan dieksplotasi. Algoritme genetik adalah algoritme yang dapat memberikan solusi pada masalah yang diberikan dengan hasil yang lebih beragam. Sehingga pada penelitian ini, AI pada game strategi dibuat dengan menggunakan algoritme genetik untuk mengontrol pergerakan lawan. Pergerakan unit akan dievaluasi dengan bermacam-macam pertimbangan seperti potensi ancaman yang akan diterima atau yang diberikan, jarak setiap unit pada titik pusat dari keseluruhan unit, dan jarak menuju markas lawan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan algoritme genetik untuk mengontrol pergerakan unit pada game strategi menyebabkan pola pergerakan setiap unit menjadi lebih acak dan lebih susah ditebak, namum masih tetap berusaha untuk mencapai tujuan yang diberikan dengan mempertimbangkan pertimbangan-pertimbangan yang telah diberikan.