Implementasi 2D Skeletal Based Animation Engine Menggunakan Opengl

Main Author: Al Firdaus, Mokhamad Zukhruf Mifta
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173987/1/Mokhamad%20Zukhruf%20Mifta%20Al%20Firdaus%20%20%282%29.pdf
http://repository.ub.ac.id/173987/
Daftar Isi:
  • Dalam pembuatan animasi 2D, terdapat beberapa teknik yang cukup populer salah satunya adalah teknik skeletal-based animation. Teknik skeletal-based animation merupakan teknik animasi, dimana animator hanya membutuhkan potongan bagian dari karakter, kemudian disesuaikan letaknya sesuai dengan kerangka maya, teknik ini sama dengan teknik animasi pada 3D. Namun dalam perkembangannya, teknologi seperti motion capture maupun 3D laser scanner dalam pembuatan animasi 3D belum digunakan dalam pembuatan animasi 2D, terutama dengan teknik skeletal-based animation. Dan untuk menghasilkan animasi 2D dibutuhkan 50 hingga 300 animator untuk menggambar ribuan karakter dalam pose yang berbeda dengan menggunakan tangan, hal tersebut menyebabkan proses pembuatan animasi 2D menjadi melelahkan karena sebagian prosesnya dilakukan secara manual serta memakan waktu. Penilitian ini berfokus kepada implementasi 2D skeletal-based animation engine menggunakan OpenGL. Animation engine yang diimplementasikan menggunakan API OpenGL karena OpenGL merupakan API yang khusus digunakan untuk pengolahan grafis, baik 2D maupun 3D. Serta menggunakan sensor Kinect yang merupakan salah satu teknologi motion capture yang tidak memerlukan marker. Hasil dari penelitian menunjukkan hasil valid pada pengujian fungsionalitas untuk komponen AnimateFrame serta playImportKeyframe, hal ini menunjukkan bahwa animation engine berhasil diimplementasikan dengan menggunakan API OpenGL serta sensor Kinect dan dapat menghasilkan animasi dengan teknik skeletal-based animation.