Usability Terhadap User Interface Aplikasi Medizi Berbasis Website Menggunakan Heuristic walkthrough

Main Author: Wati, Vera
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173973/1/Vera%20Wati.pdf
http://repository.ub.ac.id/173973/
ctrlnum 173973
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.ub.ac.id/173973/</relation><title>Usability Terhadap User Interface Aplikasi Medizi Berbasis Website Menggunakan Heuristic walkthrough</title><creator>Wati, Vera</creator><subject>005.437 User interfaces</subject><description>Aplikasi Medizi adalah sebuah sistem berbasis website yang dikembangkan dari aplikasi terdahulunya yang menggunakan sarana EDC (Electronic Data Capture). Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah proses klaim oleh peserta asuransi di rumah sakit atau klinik. Medizi selama pengembangannya belum pernah melakukan evaluasi yang meluas dan kompleks. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi usability terhadap user interface aplikasi Medizi untuk meningkatkan kualitas usability pada Medizi. Heuristic walkthrough adalah metode yang digunakan pada evaluasi ini. Heuristic walkthrough merupakan metode gabungan dari cognitive walkthrough dan Heuristic evaluation, evaluasi ini melibatkan representatif pengguna, yaitu domain expert dan usability expert yang terdiri dari empat domain expert dan tiga usability expert. Cognitive walkthrough adalah evaluasi yang menghasilkan permasalahan ditiap tahapan tugas dengan menggunakan throught provoking question sebagai bantuan, yang dilakukan oleh domain expert dan usability expert. Sedangkan heuristic evaluation adalah evaluasi yang dilakukan oleh usability expert dengan membandingkan aplikasi dengan prinsip-prinsip heuristic dan menentukan nilai saverity rating. Setelah dilakukan evaluasi, setidaknya ditemukan tiga puluh satu masalah cognitive walkthrough dengan persentase 38,7% diantaranya merupakan masalah yang juga ditemukan pada heuristic evaluation. Pada heuristic evaluation sendiri, didapati dua puluh permasalahan dengan heuristic number terbanyak pada H-4 (consistency and standart) dengan persentase 30% dari masalah yang ditemukan. Dengan mempertimbangkan hasil evaluasi ini, ada enam belas rekomendasi perbaikan diberikan yang terdiri dari sembilan rekomendasi untuk perbaikan desain user interface dan tujuh rekomendasi untuk perbaikan sistem.</description><date>2019-08-01</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://repository.ub.ac.id/173973/1/Vera%20Wati.pdf</identifier><identifier> Wati, Vera (2019) Usability Terhadap User Interface Aplikasi Medizi Berbasis Website Menggunakan Heuristic walkthrough. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya. </identifier><relation>SKR/FILKOM/2019/599/051907791</relation><recordID>173973</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Wati, Vera
title Usability Terhadap User Interface Aplikasi Medizi Berbasis Website Menggunakan Heuristic walkthrough
publishDate 2019
topic 005.437 User interfaces
url http://repository.ub.ac.id/173973/1/Vera%20Wati.pdf
http://repository.ub.ac.id/173973/
contents Aplikasi Medizi adalah sebuah sistem berbasis website yang dikembangkan dari aplikasi terdahulunya yang menggunakan sarana EDC (Electronic Data Capture). Aplikasi ini digunakan untuk mempermudah proses klaim oleh peserta asuransi di rumah sakit atau klinik. Medizi selama pengembangannya belum pernah melakukan evaluasi yang meluas dan kompleks. Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi usability terhadap user interface aplikasi Medizi untuk meningkatkan kualitas usability pada Medizi. Heuristic walkthrough adalah metode yang digunakan pada evaluasi ini. Heuristic walkthrough merupakan metode gabungan dari cognitive walkthrough dan Heuristic evaluation, evaluasi ini melibatkan representatif pengguna, yaitu domain expert dan usability expert yang terdiri dari empat domain expert dan tiga usability expert. Cognitive walkthrough adalah evaluasi yang menghasilkan permasalahan ditiap tahapan tugas dengan menggunakan throught provoking question sebagai bantuan, yang dilakukan oleh domain expert dan usability expert. Sedangkan heuristic evaluation adalah evaluasi yang dilakukan oleh usability expert dengan membandingkan aplikasi dengan prinsip-prinsip heuristic dan menentukan nilai saverity rating. Setelah dilakukan evaluasi, setidaknya ditemukan tiga puluh satu masalah cognitive walkthrough dengan persentase 38,7% diantaranya merupakan masalah yang juga ditemukan pada heuristic evaluation. Pada heuristic evaluation sendiri, didapati dua puluh permasalahan dengan heuristic number terbanyak pada H-4 (consistency and standart) dengan persentase 30% dari masalah yang ditemukan. Dengan mempertimbangkan hasil evaluasi ini, ada enam belas rekomendasi perbaikan diberikan yang terdiri dari sembilan rekomendasi untuk perbaikan desain user interface dan tujuh rekomendasi untuk perbaikan sistem.
id IOS4666.173973
institution Universitas Brawijaya
affiliation mill.onesearch.id
fkp2tn.onesearch.id
institution_id 30
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Brawijaya
library_id 480
collection Repository Universitas Brawijaya
repository_id 4666
subject_area Indonesian Language Collection/Kumpulan Karya Umum dalam Bahasa Indonesia*
city MALANG
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS4666
first_indexed 2021-10-28T06:57:35Z
last_indexed 2021-10-28T06:57:35Z
recordtype dc
_version_ 1751454088707440640
score 17.538404