Pengembangan Aplikasi Pusat Pelayanan Pengaduan Masyarakat (P3M) Berbasis Web Studi Kasus Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo
Main Author: | Dwitama, Alfi Julisar |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173926/1/Alfi%20Julisar%20Dwitama%20.pdf http://repository.ub.ac.id/173926/ |
Daftar Isi:
- Pemerintah Kabupaten Sidoarjo memiliki fungsi pelayanan publik yang salah satunya yaitu pelayanan pengaduan masyarakat. Pelayanan pengaduan masyarakat ini dikelola oleh suatu badan yang dinamakan Pusat Pelayanan dan Pengaduan Masyarakat (P3M) yang berada pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sidoarjo. Pelayanan pengaduan masyarakat dapat dilakukan melalui beberapa media seperti melalui media sosial dan website aplikasi P3M. Dari media tersebut layanan pengaduan masyarakat dapat dilakukan namun memiliki kendala mengenai aksesbilitas dan ketertarikan pengguna terhadap aplikasi P3M. Selain itu juga diperlukannya beberapa fitur tambahan terhadap aplikasi P3M. Berdasarkan masalah itu maka diperlukan pengembangan website aplikasi pelayanan pengaduan masyarakat yang dapat mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengembangan aplikasi penanganan pengaduan masyarakat dapat dijalankan secara lebih efektif. Pengembangan dilakukan dengan memberikan pemodelan proses bisnis, analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi sistem penanganan pengaduan masyarakat dengan menerapkan pendekatan berorientasi objek. Selanjutnya dilakukan pengujian sistem untuk mengetahui sistem atau aplikasi yang telah dikembangan dalam penelitian ini dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan yang telah teridentifikasi. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan menggunakan metode waterfall model dan menggunakan kerangka kerja php laravel dan pengujian dilakukan menggunakan metode validation testing. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dan mampu mempermudah pelayanan pengaduan masyarakat.