Analisis Perbandingan Pengalaman Pengguna Aplikasi Snapchat dan Aplikasi Instagram Menggunakan User Persona dan Kuesioner Mecue
Main Author: | Al Kindy, Wahyu |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173924/1/Wahyu%20Al%20Kindy%20%282%29.pdf http://repository.ub.ac.id/173924/ |
Daftar Isi:
- Media sosial sebagai media online dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi melalui blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Instagram dan Snapchat menghadirkan pengalaman pengguna yang relatif sama. Pengalaman pengguna merupakan bagaimana seorang pengguna internet mengakses website atau aplikasi, suatu pengalaman yang mereka dapatkan dari website atau aplikasi tersebut atau dalam dunia IT sering disebut dengan User Experience (UX). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan pengalaman pengguna aplikasi Instagram dan Snapchat menggunakan kuesioner meCUE serta mencari kelebihan dan kekurangan dari kedua aplikasi. Kuesioner meCUE adalah adalah alat bantu yang berguna untuk mengevaluasi pengalaman pengguna atau UX sebuah website atau aplikasi. Sebelumnya, kuesioner ini telah di kembangkan dan di validasi ke dalam bahasa Inggris oleh Michael Minge, Manfred Thüring, Ingmar Wagner serta telah di validasi dan di uji realibilitas ke dalam bahasa Indonesia melalui pendapat ahli pada penelitian sebelumnya oleh Dea Annisa Larasati. Untuk meyakinkan kembali kelayakan isi, kandungan serta tata bahasa dalam dunia User Experience, pada penelitian ini dilakukan validasi kembali terhadap instrumen kuesioner meCUE dengan dua ahli User Experience. Setelah mendapatkan kuesioner yang tervalidasi kembali, kuesioner disebarkan ke 58 responden yang sesuai kriteria, yaitu yang pernah menggunakan aplikasi Instagram dan Snapchat, atau yang sering menggunakan dua aplikasi tersebut. Kuesioner meCUE memiliki 5 module dan 10 instrumen penilaian didalamnya, instrumen meliputi usefullness, usability, visual aesthetic, status, commitment, positive emotions, negative emotions, product loyalty, intention to use dan overall evaluation, dalam penelitian ini terdapat data objektif dan data subjektif. Penelitian ini menghasilkan perbandingan nilai rata-rata setiap instrumen meCUE kedua aplikasi yang dimana aplikasi Instagram menghasilkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan aplikasi Snapchat dan tabel perbandingan kekurangan dan kelebihan hasil wawancara responden mengenai pengalaman pengguna kedua aplikasi dimana aplikasi Instagram memiliki lebih banyak kelebihan dibandingkan dengan aplikasi Snapchat.