Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Materi Pengenalan Komponen Pc Pada Siswa Kelas X Tkj Smk Negeri 5 Malang
Main Author: | Utomo, Suryo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ub.ac.id/173920/1/Suryo%20Utomo.pdf http://repository.ub.ac.id/173920/ |
Daftar Isi:
- Komputer dapat digunakan untuk membuat konsep yang abstrak menjadi konkret melalui visualisasi dalam bentuk animasi. Dari hasil wawancara dan observasi di lapangan pada saat melaksanakan PPL di SMK Negeri 5 Malang siswa merasa kesusahan dalam mengikuti pelajaran materi pengenalan komponen Personal Computer dikarenakan kelas X yang masih belum terbiasa dengan komponen-komponen perangkat Personal Computer yang pada saat SMP mereka belum belajar tentang komponen apa saja yang ada di dalam Personal Computer karena keterbatasan sarana dan prasarana yang ada. Metode penelitian yang digunakan adalah model APPED yaitu model pengembangan multimedia pembelajaran interaktif yang diinspirasi akan kebutuhan penelitian jenis R&D dimana pada tahap awal diperlukan upaya penelitian sebagai bagian dari penelitian dan pengembangan. Model APPED ini terdiri atas 5 langkah sistimatis dan logis yakni: Analisis dan Penelitian Awal, Perancangan, Produksi, Evaluasi, Diseminasi. Untuk mengetahui ke efektivitas pembelajaran MPI guna membantu siswa dalam memaham materi perangkat pc pada siswa kelas X TKJ SMK Negeri 5 Malang. Berdasarkan hasil pre-test responden, ketuntasan peserta didik yang disesuaikan dengan KKM terdapat dau responden dengan nilai pre-test 70 dalam katagori “Tuntas”. Namun untuk ketiga responden lainnya hasil pre-test masih di bawah KKM sehingga masuk dalam katagori “Belum Tuntas”. Untuk jumlah hasil pre-test responden keseluruhan sebesar 310 dengan rata-rata penilaian 62. Sedangkan hasil post-test, ketuntasan kelima peserta didik sudah sesuai dengan KKM dan di atas KKM sehingga katagori penilaiannya adalah “Tuntas”. Maka dapat dilihat perbedaan sebelum dan sesudah responden diberikan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif. Untuk jumlah hasil post-test responden keseluruhan sebesar 400 dengan rata-rata penilaian 80. Pembelajaran MPI terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran pada siswa kelas X TKJ Negeri 5 Malang.