Perbaikan Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi Perangkat Bergerak OVO Meggunakan Metode Diary study Dan User Journey

Main Author: Dikaputra, Filza
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.ub.ac.id/173906/1/Filza%20Dikaputra.pdf
http://repository.ub.ac.id/173906/
Daftar Isi:
  • Perkembangan era digital saat ini mempengaruhi banyak aktifitas salah satunya transaksi pembayaran online. Salah satu aplikasi yang menggunakan sistem pembayaran online adalah aplikasi perangkat bergerak OVO. Aplikasi OVO termasuk aplikasi baru yang sudah berjalan sejak 2017 namun memilki banyak keluhan pengguna yang pernah menggunakan aplikasi OVO mengenai fitur dan tampilan. Maka perlu adanya evaluasi dan perbaikan tampilan maupun fitur pada aplikasi OVO yang bertujuan membantu aplikasi OVO untuk dapat bersaing dengan aplikasi yang telah hadir sebelumnya. Pada penelitian ini, digunakan metode diary study untuk menggali pengalaman dan respon pengguna secara mendalam dan konseptual dalam penggunaan aplikasi OVO. Pengerjaan metode diary study dilakukan dengan cara wawancara, pengerjaan skenario dan dokumentasi kepada lima responden. Waktu pengerjaan metode diary study dilakukan dalam kurun waktu kurang lebih selama dua minggu. Selain dari penggunaan metode diary study tersebut, digunakan metode user journey untuk memetakan perjalanan pengguna dalam interaksinya dengan aplikasi yang diteliti sehingga didapatkan peta perjalanan pengguna yang berisikan touchpoint, thinking and feeling dan ideas for improvements dari setiap stage yang dijalankan oleh pengguna. Permasalahan yang ditemukan dalam penelitian ini terkait perbaikan fitur dan tampilan. Hasil rekomendasi perbaikan fitur dan tampilan dilihat dari pemetaan perjalanan pengguna tersebut menjadi dasar dari perbaikan dan pembuatan user interface berupa prototype. Prototype akan divalidasi melalui wawancara perbaikan user interface terhadap lima respoden sebelumnya. Hasil dari validasi perbaikan user interface adalah responden mengatakan bahwa permasalahan yang dirasakan sudah terselesaikan lalu responden juga merasa senang saat menggunakan aplikasi OVO.